DP2KBP3A Haltim Bentuk Satgas PPA di Kecamatan Maba Selatan

Suasana pembentukan Satgas PPA ditingkat desa di kecamatan Maba Selatan
Suasana pembentukan Satgas PPA ditingkat desa di kecamatan Maba Selatan

Kabar27- Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), membentuk Satuan Tugas Perlindungan Perempuan dan Anak atau disingkat SATGAS PPA tingkat Desa di Kecamatan Maba Selatan.

Pembentukan Satgas PPA dilaksanakan di Kantor Desa Bicoli Kecamatan Maba Selatan, Jumat (14/06/2024).

Dalam sambutannya Kepala Desa Bicoli mengatakan, dengan dibentuk Satgas PPA ini semoga membantu masyarakat dalam pencegahan dan penanganan kasus kekerasan pada perempuan dan anak khususnya di Maba Selatan.

“Saya pribadi dan masyarakat Kecamatan Maba Selatan Khususnya Desa Bicoli mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dibentuknya Satgas PPA ini,” Ucap Abul Gani Saban.

Terpisah, Kepala Bidang Perlindungan Hak Permpuan, Perlindungan Khusus Anak dan Pemenuhan Hak Anak Dinas P2KBP3A Haltim Anis Satulwahidah mengatakan, Satgas PPA ini memiliki peran penting, dalam melaporkan dan melakukan pendampingan terhadap perempuan dan anak yang selama ini menjadi target kekerasan.

“Banyak kasus kekerasan yang menimpa perempuan dan anak, oleh karenanya diharapkan dengan pembentukan Satgas PPA ini masyarakat bisa mendapatkan layanan untuk pencegahan dan penanganan tindak kekerasan pada perempuan dan anak,” katanya.

Dijelaskan, Pembentukan satgas PPA ini sebagai garda terdepan juga merupakan ujung tombak dalam perlindungan dan penanganan kasus menimpa perempuan dan anak.

“Satgas PPA harus dimaksimalkan perannya sebagai fasilitator dalam melakukan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terjadi di lingkungan masyarakat,” jelasnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Daerah melalui Peraturan Daerah nomor 7 tahun 2022 tentang Perlindungan Perempuan dan Anak juga sudah menegaskan bahwa daerah menjamin diantaranya 1. Terpenuhinya hak-hak perempuan dan anak ; 2. mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak ; 3. Melindungi dan memberikan rasa aman bagi perempuan dan anak; 4. Memberikan pelayanan kepada perempuan dan anak korban tindak kekerasan .

Satgas PPA di tingkat Kabupaten maupun di tingkat desa/kelurahan merupakan wujud tanggung jawab pemerintah dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak bagi perempuan dan korban kekerasan.

Untuk merespon permasalahan perempuan dan anak yang banyak terjadi di masyarakat, serta memberikan solusi terbaik bagi korban kekerasan agar menadapatkan haknya sebagaimana dijamin dalam peraturan perundang-undangan.

Fungsi dari Satgas PPA yaitu:

  1. Penjangkauan;
  2. Identifikasi kondisi dan layanan yang dibutuhkan perempuan dan anak yang mengalami permasalahan;
  3. Melindungi dan melakukan pendampingan kepada perempuan dan anak di lokasi kejadian dari hal yang dapat membahayakan diri mereka;
  4. Mendampingi perempuan dan anak yang mengalami permasalahan dengan berkoodinasi bersama DP2KBP3A Kabupaten Halmahera Timur;

Sebagai pemahaman dasar yang dimaksud dengan 1. Permasalahan Perempuan dan Anak adalah kasus yang dihadapi perempuan dan anak baik kasus pidana atau perdata antara lain terkait dengan kekerasan (fisik, psikis, seksual, ekonomi dan pengasuhan);

2. Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak adalah setiap tindakan yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, mental, psikologis, termasuk intimidasi , pengusiran paksa, ancaman tindakan tertentu, pemaksaan atau perampasan kemerdekaan, penelantaran serta menghalangi kemampuan perempuan dan anak untuk menikmati semua hak dan kebebasannya.