Sesama Warga Maluku Bentrok di Halmahera Tengah, Satu Orang Korban

Aparat Kepolisian saat mengamankan TKP bentrok sesama warga Maluku di Halmahera Tengah
Aparat Kepolisian saat mengamankan TKP bentrok sesama warga Maluku di Halmahera Tengah

Kabar27- Dua kelompok pemuda asal provinsi Maluku, bentrok di Desa Gemaf, Kecamatan Weda Utara, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara pada Kamis, (29/3/2024) sekitar pukul 21.45 Wit.

Informasi yang dihimpun kabar27.com di lapangan, kedua kelompok pemuda itu berasal dari Desa Hulaliu, kecamatan Haruku, kabupaten Maluku Tengah bentrok dengan pemuda aaal Desa Kamarian, kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Kepala Polsubsektor Weda Utara, Ipda Abdul Rajak Jauhati membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, sekitar pukul 21.45 Wit, bertempat di pertigaan depan Pos Lipe lll Desa Gemaf, Kecamatan Weda Utara, terjadi perkelahian antara sesama pemuda asal Ambon, yakni kelompok pemuda Hulaliu dengan kelompok pemuda Kamarian.

Namun, sekitar Pukul 00.15 Wit Kedua kelompok tersebut dapat dilerai oleh personel gabungan TNI dan Polri, kemudian satu korban diantar ke Klinik PT. IWIP atas Nama Brian Tepal.

“Untuk antisipasi kekacauan lagi, Pukul 00.45 dilakukan pertemuan di rumah kepala desa yang dihadiri oleh Personel Polsubsektor Weda Utara, Danki Brimob, Ketua Kerukunan Ambon dan Kepala Desa Gemaf,” ujar Kepala Polsubsektor.

Pada Pukul 02.12 kedua kelompok kembali bersitegang sehingga dibubarkan oleh TNI dan Polri yang berjaga di lokasi perkelahian.

“Sampai saat ini Personel TNI dan Polri masih siaga di Tempat Kejadian Perkara (TKP), guna mengantisipasi kembali terjadi bentorkan,” terangnya.

Ipda Abdul Rajak mengaku, motif terjadinya perkelahian karena kedua kelompok ini telah dipengaruhi Minuman Keras (Miras). Sementara untuk Pelaku masih dalam lidik.