DAERAH  

Tahun 2025, PUPR Kota Ternate Prioritaskan Infrastruktur di Pulau Batang Dua

Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Rus’an M. Nur Taib

Kabar27 – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Rus’an M. Nur Taib, mengatakan infrastruktur Kecamatan Pulau Batang Dua, Pulau Hiri dan Pulau Moti, merupakan salah satu program prioritas Wali Kota Ternate melalui “Peduli BAHIM”.

“Kita akan segera melakukan survey lokasi jalan tani di Kecamatan Batang Dua untuk direalisasikan pada 2025 mendatang,”ujarnya saat mendampingi Sekretaris Daerah Kota Ternate membuka Musrembang di Mayau Kecamatan Pulau Batang Dua.

Menurutnya, usulan infrastruktur di Pulau Batang Dua, Hiri dan Moti sebelumnya telah digagas untuk tahun 2024, tetapi terealisasi di tahun 2025 mendatang.

Rus’an memastikan, pembangunan infrastruktur jalan umum termasuk pengembangan jalan tani untuk masyarakat di Pulai Batang Dua menjadi prioritas Pemerintah Kota Ternate.

“Program jalan tani ini rencana dibangun dengan lebar 2 meter, namun itu nanti tim dari PUPR survey lokasi dulu dengan tiap-tiap Lurah Batang Dua untuk melihat skala prioritasnya,”ungkap Rus’an.

Dia menambahkan, hasil survey yang dilakukan tim Dinas PUPR, nantinya akan menjadi dasar kajian (rujukan) untuk menetapkan jalan tani di Kelurahan mana yang akan dibangun tahun depan, berdasarkan skala peioritas.

“Soal perencanaan ini tentu kami akan berkoordinasi dengan pak Wali Kota dan Sekertaris Daerah dulu karena sebelumnya jalan sudah dibangun secara swadaya,” ungkapnya.

Rus’an menyebutkan, program yang akan dilakukan tentunya tidak terlepas dari arahan atau instruksi Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman.

“Yang jelas tahun 2025, dinas PUPR bakal menganggarkan. Disamping itu ada dukungan kegiatan lain misalnya air bersih, jaringan, bantuan rumah dinas TNI AU, Angkatan Laut, Polri serta pos Polair yang berada pulau terluar,” pungkasnya. (na)